Beberapa Daftar Masjid dengan Desain Terunik yang Ada di Singapura

Beberapa Daftar Masjid dengan Desain Terunik yang Ada di Singapura

Beberapa Daftar Masjid dengan Desain Terunik yang Ada di Singapura

Berdasarkan sensus penduduk di tahun 2020, sebanyak 15,6 persen penduduk Singapura adalah muslim. Dengan populasi yang cukup besar, kebutuhan daerah ibadah tentu tinggi.

Syukurlah, ada banyak masjid yang tersebar di Singapura. Beberapa di nobatkan sebagai masjid terindah. Di lansir dari laman junglepartyhostal.com, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Masjid Abdul Gafoor

Di kutip dari laman idn poker android, masjid dengan arsitektur menawan ini berada di kawasan Little India. Arsitekturnya di pengaruhi oleh tipe Romawi, Moor, dan Barat (western), melansir berasal dari Have Halal Will Travel (HHWT).

Pendirinya bernama Shaik Abdul Gafoor bin Shaik Hyder. Masjid Abdul Gafoor ini selesai di bangun terhadap th. 1910. Berkat desain yang memesona, di tahun 1979 Masjid Abdul Gafoor di nobatkan sebagai monumen nasional!

Apa saja kesibukan di Masjid Abdul Gafoor selama bulan Ramadan? Ada banyak, menjadi berasal dari proporsi bubur (setiap hari sesudah salat Ashar), salat tarawih, dan juga majelis zikir dan istigfar (setiap Kamis malam).

Alamat: 41 Dunlop St, Singapura

2. Masjid Sultan

Bisa di bilang, Masjid Sultan adalah yang paling ikonik di Singapura. Di bangun pada tahun 1824, masjid ini berperan perlu bagi komunitas muslim Singapura selama nyaris dua abad!

Awalnya, masjid ini di bangun untuk Sultan Hussein Shah, sultan pertama di Singapura. Desainnya merupakan perpaduan arsitektur tradisional India dan Eropa. Tentunya, yang paling mencolok ialah kubahnya yang berwarna emas.

Selama Ramadan, masjid ini semarak oleh beragam kegiatan. Mulai berasal dari membuka puasa, tarawih, kuliah Ramadan oleh ustaz di hari-hari tertentu, serta qiyamulail.

Alamat: 3 Muscat St, Singapura

3. Masjid Maarof

Selanjutnya, ada Masjid Maarof yang relatif baru di kawasan Jurong West. Dari jauh, terlihat kubah bundar yang sangat khas. Di banding beberapa masjid sebelumnya, arsitektur Masjid Maarof cenderung lebih modern.

Bagian luar memang memukau, bagaimana dengan bagian dalamnya? Tak kalah indah, seolah berada di museum seni Islam. Bahkan, terdapat atap transparan yang membuatnya semakin memesona.

Saat bulan puasa, jangan lupa mampir kemari! Sebab, ada banyak kegiatan, mulai dari sesi Al-Quran, kuliah agama Islam, qiyamulail, hingga program sukarelawan untuk acara sosial.

Alamat: 20 Jurong West Street 26, Singapura